Jakarta | Jakarta Kota Terbersih Asia

Jakarta | Jakarta Kota Terbersih Asia - Clean Air Inisiative (CAI) for Asia City akhir - akhir ini mengeluarkan penilaian terhadap kota terbersih di Asia. Dalam penilaian ini Jakarta masuk dalam salah satu kota terbersih di Asia bersama dengan ke tujuh kota terbersih di Asia lainnya. Penilaian tersebut dilakukan dengan menghitung kualitas udara di masing - masing kota di Asia, dari penghittungan tersebut Jakarta termasuk salah satu kota dengan tingkat emisi yang rendah dengan kualitas udara yang cenderung lebih baik. 

Dengan dikeluarkannya Peraturan daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yang mengatur langkah pengendalian pencemaran udara baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan mampu mengendalikan pencemaran udara di Jakarta.

Dalam Penilaiannya Clean Air Inisiative (CAI) for Asia City menilai beberapa kriteria, diantaranya:
  1. Polusi udara dan kesehatan yakni dengan membandingkan konsentrasi pencemaran rata-rata tahunan dengan ambang batas WHO. 
  2. Kapasitas manajemen udara bersih dengan mengevaluasi tingkat kapasitas suatu kota dalam menentukan sumber pencemar. 
  3. Kebijakan dan implementasi udara bersih, dengan mengevaluasi upaya kebijakan dan implementasi yang telah dilakukan untuk mengendalikan sumber pencemar yang telah ditentukan.
Berdasarkan ketiga unsur penilaian tersebut diperoleh nilai keseluruhan yang dibagi dalam enam kategori yaitu Critical (0-10), Very Poor (11-20), Poor (21-40), Moderate (41-60), Good (61-80), dan Excellent (81-100). Kota Jakarta masuk pada kategori Good. Begitu pula dengan kota Bangkok, Hanoi, Jinan, dan Manila juga mendapat kategori Good. Untuk tiga kota lainnya Colombo, Hangzhou, dan Kathmandu mendapat kategori moderate.

Sukses buat Jakarta, Semoga ke depan Jakarta menjadi kota yang lebih bersih. Kota yang menjadi pusat perkembangan, termasuk perkembangan musik yang terus maju ini kedepan diharapkan akan menjadi kota yang moderen dengan tingkat pencemeran udara yang rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar